Analisis Data Cyclistics Bike-Share menggunakan Microsoft Excel

Agnes Chintia Dewi
4 min readNov 7, 2021
Photo by Unsplash

Sebuah perusahaan yang menyediakan jasa penyewaan sepeda bernama Cyclistics, perusahaan ini terletak di Chicago. Penyewaan sepeda di perusahaan tersebut menggunakan system subscription. Dimana terdapat 2 tipe subscription, yaitu member dan casual. Marketing director di perusahaan ini percaya bahwa para member riders merupakan faktor keberhasilan perusahaan ini di masa yang akan datang, dan menginginkan casual riders beralih menjadi member riders. Oleh karena itu perlu mengetahui apa yang membedakan casual riders dan member riders agar nantinya dapat menentukan strategi marketing apa yang seharusnya digunakan. Terdapat data pelanggan dari bulan april tahun 2020 sampai dengan maret 2021. Namun, karena proses Analisa ini menggunakan Microsoft Excel yang memiliki keterbatasan untuk mengolah data dengan jumlah yang banyak, disini akan digunakan data di bulan April dan Mei tahun 2020. Untuk Analisa menggunakan full data akan menggunakan MySql disini.

Business Question:

1. Apa yang membedakan pengguna casual dan member dalam menyewa sepeda?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, Langkah pertama yang dilakukan yaitu dengan menghitung berapa lama penyewaannya. Dengan mengurangi waktu berakhir dan waktu memulai penyewaan, kita telah mendapatkan lama waktu penyewaan. Agar hasilnya tidak terdapat nilai negative maka digunakan ABS formula sebagai berikut:

Pada cell E2 dilakukan perhitungan dengan formula =ABS(D2-C2) untuk menghasilkan durasi peminjaman sepeda.

Lalu untuk mencari hari apa para riders menyewa sepeda, dapat menggunakan formula berikut ini.

Pada cell F2 tulis =WEEKDAY(C2;1). Angka 1 disini menunjukkan hari diawali dengan hari minggu dan diakhiri dengan hari sabtu yang ditunjukkan dengan angka 7 sebagai berikut.

Pada kolom end_station_name terdapat missing values seperti yang dapat dilihat dengan menggunakan Filter function.

Kita dapat menggunakan function Replace untuk handling missing values ini. Disini, missing values akan diganti dengan menggunakan ‘Unknown’.

Lalu, kita dapat membuat Pivot Table dan Chartnya untuk data visualization.

Berapa rata rata durasi para riders untuk menyewa sepeda?

Member riders rata-rata menghabiskan kurang lebih 20 menit untuk menyewa sepeda, sedangkan casual riders menyewa sepeda rata-rata selama 55 menit.

Hari apa dengan durasi terlama para riders menyewa sepeda?

Casual riders paling lama menggunakan sepeda di hari selasa dan jumat, sedangkan lama durasi member riders menyewa sepeda pada hari minggu dan sabtu. Disini terlihat bahwa casual riders lebih lama menyewa sepeda pada saat weekday, berbeda dengan member riders yang lama menyewa sepeda pada saat weekend.

Berapa banyak riders yang menyewa sepeda di bulan April dan Mei?

Bulan April dan Mei di Chicago merupakan spring season dengan total trip penyewa sepeda banyak terjadi di hari Minggu dan Sabtu. And here are the 5 busiest start stations by member and casual riders.

Hal yang membedakan antara casual dan member riders dalam menyewa sepeda yaitu durasi menyewa sepeda casual riders lebih lama daripada member riders. Dimana durasi terlama di hari selasa dan jumat untuk casual riders, sedangkan hari minggu dan sabtu merupakan durasi terlama untuk member riders. Namun, total trip untuk member dan casual riders terbanyak terjadi di hari minggu dan sabtu. Start station tersibuk untuk member riders yaitu Clark St & Elm St, St. Clair St & Erie St, Dearborn St & Erie St, Broadway & Barry Ave, dan Larrabee St & Webster Ave. Sedangkan 5 start station tersibuk untuk casual riders yaitu Clark St & Elm St, Indiana Ave & Roosevelt Rd, Millennium Park, Clark St & Lincoln Ave, dan Wabash Ave & Grand Ave. Start station tersibuk untuk member riders dekat dengan perkantoran hal ini menunjukkan bahwa para member riders menyewa sepeda untuk pergi kerja yang biasanya pada member riders commutes dengan subway dan dilanjutkan dengan menggunakan sepeda untuk menuju kantornya. Sedangkan start station para casual riders dekat dengan tempat wisata hal ini ditunjukan dengan start station Millenium Park, ini menunjukkan bahwa casual riders hanya menyewa sepeda untuk kegiatan berwisata.

--

--